Minggu yang Cerah (Rappeling di Batu Busuak)

Cuaca hari ini (Minggu, 27/1/2013) cukup cerah, langit tampak membiru dengan serpihan-serpihan awan putih yang lalu-lalang mengikuti arah angin. Di atas sepeda motor Honda Win 100 saya melaju santai menuju Batu Busuak, sebuah kawasan di Nagari (baca: desa) Lambung Bukik. Di sana rekan-rekan saya (tim advance) telah lebih dulu tiba untuk memasang perlengkapan. Ya, ini adalah hari kedua kegiatan Diklatsar Paitua-MTU yang ke-22 setelah sehari sebelumnya pembukaan sekaligus pemberian materi ruangan. Nah di hari Minggu ini giliran materi lapangan yang akan diberikan kepada siswa (sebutan untuk peserta diklatsar) yaitu Rappeling.

The Crew

The Crew

Dari kampus hanya butuh waktu sekitar 15 menit dengan berkendara sepeda motor untuk sampai ke lokasi atau satu jam lebih jika berjalan kaki. Hari ini saya memang sengaja datang terlambat karena masih ada kegiatan lain sebelumnya. Jika tahun-tahun sebelumnya saya yang menjadi pemateri sekaligus tim advance maka kali ini saya ‘dibebas-tugaskan’ dari jabatan tersebut. Itulah regenerasi, saatnya yang muda yang berkarya dan tugas itu jatuh pada adik-adik angkatan saya di Paitua-MTU.

Pada tahun-tahun sebelumnya kita bisa membawa kendaraan sampai ke lokasi kegiatan. Namun akibat hujan deras berkepanjangan di Padang beberapa waktu lalu, ada beberapa ruas jalan yang tidak bisa dilalui karena tertimbun longsoran tanah sehingga harus berjalan kaki dari tempat penitipan motor. Jalan yang saya maksud yaitu berupa headrace (saluran pembawa air) yang mirip dengan selokan namun dengan dimensi yang lebih besar. Headrace tersebut berfungsi sebagai tempat aliran air yang ada di bendungan agar sampai di power house (rumah pembangkit) untuk memutar turbin yang menghasilkan listrik. Di Batu Busuak terdapat sebuah instalasi PLTA yang memasok patokan listrik untuk PT. Semen Padang yang telah ada sejak tahun 1912. Namun saat ini tidak berfungsi karena di beberapa titik headrace mengalami kerusakan. Nah di salah satu titik headrace yang membentang kiloan meter tersebutlah lokasi kita berkegiatan.

Salah satu titik longsor headrace

Salah satu titik longsor headrace

Setibanya saya di lokasi, kegiatan sedang berlangsung. Tampak beberapa anggota memberikan materi dengan semangatnya sementara para siswa tak kalah antusias memperhatikan. Materi yang akan dipraktikkan yaitu teknik ascending (naik) dan descending (turun) sederhana menggunakan tali kernmantel dan perlengkapan tambahan berupa harness, figure of eight, tali perusik, etrier (tangga tali), sarung tangan tebal dan lain-lain.

Senyum semangat sang pemateri

Senyum semangat sang pemateri


Giliran para siswa yang beraksi

Giliran para siswa yang beraksi


Ketinggian tali mencapai 20 m

Ketinggian tali mencapai 20 m

Menjelang senja kegiatan pun selesai, tampak wajah gembira terpancar dari para siswa. Lelah tak terasa bagi mereka meski seharian berkegiatan di bawah cerahnya langit Batu Busuak hari ini. Sebagain di antara mereka bahkan ketagihan dan ingin mencoba sekali lagi, sayang waktu tak mengizinkan. Setelah penutupan dan sweeping sampah, para siswa pun kembali menuju sekretariat Paitua-MTU didampingi pembina. Menapaki kembali jalan yang mereka lalui pagi tadi. Dan sepertinya mereka tak sabar untuk kembali berkegiatan di lapangan dan mencoba materi baru minggu depan. Tetap semangat untuk para siswa. Salam Lestari!!!

Panorama Sungai Batang Kuranji dari atas headrace

Panorama Sungai Batang Kuranji dari atas headrace

18 thoughts on “Minggu yang Cerah (Rappeling di Batu Busuak)

  1. Halo izut…
    jadi pingin jalan ke sana lagi nih… kangen sama pemandangan sungai yang berkelok-kelok dan sawah-sawah dipinggirnya..
    disalah satu foto izut tu, saluran airnya terputus ya?

      • Iya izut udah hampir dua tahun gak ke lambung bukit, terakhir hanya sampai batu busuk waktu galodo pertama. PT. semen ada rencana untuk memperbaikinya gak ya? seperti kerusakan waktu gempa 30 sept 2009 lalu.

        aku sempat ngambil banyak foto-foto disekitar batu babus dan lambung bukit, sebagian bisa dilihat digalery fotoku, kalau izut berkenan silahkan datang berkunjung di :
        Panoramio – Photos by sandra eka
        http://www.panoramio.com/user/2341442

      • Udah lama tuh mbak. Dalam waktu dekat ini kayaknya belum mbak, soalnya kemarin sebelum galodo bendungan di Patamuan udah direnovasi.

        Udah lihat tuh foto2nya, keren mbak. Suka fotografi ya?

  2. Iya suka fotografi juga tapi masih pakai kamera saku, pinginnya pakai kamera DSLR tapi mahal zut…. sayangnya aku gak bisa upload foto untuk nambah koleksi digalery itu lagi karena akun email ku sepertinya di bajak.
    Izut, trims ya udh singgah disana…
    Aku udah buat akun baru di panoramio lagi.. tapi koleksi fotonya belum banyak yang diupload.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s