Lagi, Italia Bermain Imbang

Gambar : uefa.com

Matchday kedua grup C kali ini mempertemukan antara Italia dan Kroasia. Dari kubu Italia menampilkan formasi dan line-up sama seperti yang mereka lakukan kala bersua Spanyol. Cesare Prandelli masih memasang formasi 3-5-2 dan mempercayakan posisi bek tengah kepada gelandang AS Roma, Daniele De Rossi. Sementara tim Kroasia yang dilatih Slaven Bilic menggunakan formasi 4-4-2.

Permainan di awal babak pertama tampak seimbang tapi lama-kelamaan Italia menjadi lebih dominan. Pada menit ke-10 Italia mendapat peluang pertama lewat Balotelli tapi tendangan kerasnya masih dapat diblok oleh barisan belakang Kroasia, bola muntah coba dimanfaatkan Marchisio tapi lagi-lagi tendangannya masih tipis di atas mistar gawang Stipe Pletikosa. Menit ke-15 Balotelli kembali mendapat peluang lewat sepakan kerasnya memanfaatkan umpan Cassano dari sayap kanan, kali ini Stipe Pletikosa dengan sigap memblok bola.

Kroasia coba membalas, memanfaatkan tendangan sudut sang kapten bola ditanduk Ivan Perisic tapi masih tepat di pelukan Buffon. Menit ke-32 Cassano mendapat peluang, menerima umpan dari lini tengah tendangannya masih menyamping di sisi kanan gawang Pletikosa. Di menit ke-36 Italia mendapat peluang emas kali ini giliran Marchisio, memanfaatkan umpan dari Cassano. Tapi tendangannya masih tepat mengenai kiper Kroasia pun dengan rebound yang dilakukannya.

Serangan bertubi-tubi Italia akhirnya berbuah gol juga. Berawal dari pelanggaran pemain Kroasia di luar kotak penalti Pirlo tampil sebagai eksekutor free kick pada menit ke-38. Tendangannya mampu mengelabuhi kiper Pletikosa setelah melewati pagar pembatas. Meski unggul satu gol Italia tak mengendurkan serangannya. Menit ke-42 kembali Cassano coba mengancam gawang Kroasia, menerima umpan dari tendangan sudut Pirlo sundulannya masih melambung di atas mistar gawang Pletikosa.

Tendangan bebas Pirlo gagal diantisipasi Pletikosa (Gambar : uefa.com)

Di babak pertama Italia lebih dominan dalam penguasaan bola. Serangan yang dibangun lewat dua gelandang kreatifnya Pirlo dan Marchisio beberapa kali mampu merepotkan pertahanan Kroasia. Sementara serangan Kroasia yang dimotori Luca Modric begitu mudah dipatahkan oleh barisan tengah Italia yang dikawal Thiago Motta dan kawan-kawan. Hingga babak pertama berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta.

Di babak kedua Kroasia coba menekan di awal pertandingan. Tendangan Luca Modric dari luar kotak penalti masih melambung di atas mistar gawang Italia. Tak berapa lama Italia balas menyerang, menit ke-50 Bonucci melakukan tendangan keras tapi masih dapat diblok pemain bertahan Kroasia, pun dengan tendangan keras Balotelli di menit ke-60 yang masih belum tepat sasaran. Keasyikan menyerang Italia pun lengah, lewat serangan balik cepat Ivan Strinic mengirim umpan dari sayap kiri menuju kotak penalti Italia. Dengan sekali kontrol Mario Mandzukic melepaskan tendangan keras tepat di hadapan Buffon dan Gol! Skor imbang 1-1.

Mario Mandzukic meyamakan kedudukan lewat sepakan kerasnya (Gambar : uefa.com)

Dengan skor imbang Italia semakin terpacu untuk mencetak gol agar meraih tiga angka. Salah satu peluang terbaik Italia yaitu di menit ke-75 tapi tendangan dari luar kotak penalti Montolivo masih bisa diblok. Meski terus menekan skor imbang tetap tak berubah hingga akhir pertandingan. Dengan hasil ini langkah Gli Azzuri semakin terjal untuk dapat lolos ke babak perempat final, sementara Kroasia juga masih belum aman. Kedua tim masih punya kans yang sama untuk lolos dari babak penyisihan grup, jadi dapat dipastikan merekan akan bermain all out di satu pertandingan tersisa.

Formasi :
Italia (3-5-2) : Gianluigi Buffon (C), Daniele De Rossi, Giorgio Chiellini, Leonaredo Bonucci, Christian Maggio, Emanuele Ghiaccerini, Thiago Motta (Ricardo Montoliv0 62’’), Andrea Pirlo, Claudio Marchisio, Antonio Cassano (Sebastian Giovinco 84’), Mario Balotelli (Antonio Di Natale 68’).
Kroasia (4-4-2) : Stipe Pletikosa, Vedran Corluka,Gordon Schildenfeld, Darijo Srna (C), Ivan Strinic, Ivan Perisic (Danijel Pranjic 67’), Ivan Rakitic, Ognjen Vukojevic, Luca Modric, Nikica Jelavic (Eduardo Da Silva 82’), Mario Mandzukic (Niko Kranjčar 93’).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s