NOAH, Nama Baru Semangat Baru!

Logo NOAH Band (Gambar : twitter.com/NOAH_ID)

“Berjalanlah walau habis terang
ambil cahaya cintamu terangi jalanmu
di antara beribu lainnya, kau tetap kau tetap kau tetap benderang…”

Sepenggal lirik “Walau Habis Terang” tersebut merupakan salah satu lagu yang ada di playlist “Peterpan” yang dalam beberapa terakhir ini nangkring di daftar music playlist saya. Di mana biasanya saya dengarkan ketika sedang bermain trump ataupun sebagai lagu pengantar tidur. Meskipun di Indonesia belakangan ini bermunculan band-band baru namun saya tetap setia mendengarkan lagu dari band-band yang berdiri pada era ’90-an hingga 2000-an seperti Dewa 19, Sheila on 7, Peterpan maupun Andra and The Backbone.

Khusus untuk Peterpan, saya menyukain band ini karena liriknya yang puitis dengan balutan musik yang proporsional. Lirik yang ada di setiap lagu Peterpan memang bercerita tentang cinta dan persahabatan, tapi mereka menyampaikannya tidak secara langsung. Salah satu teman saya pernah berkata yang kurang lebih seperti ini, “Peterpan itu memang mengusung tema cinta pada lagunya, tapi coba dengarkan ada berapa kata ‘cinta’ yang dimasukkan ke dalam liriknya?” Dalam menyampaikan pesan di setiap lagunya Peterpan memang membawakannya dengan cara berbeda—dari band-band baru saat ini—dan jauh dari kesan alay.

Peterpan sendiri tercatat sebagai salah satu band yang sukses menyita perhatian penikmat musik tanah air. Seperti disadur dari newpeterpanband.com, nama peterpan mulai dikenal lewat single pertamanya “Mimpi yang Sempurna” di album kompilasi “Kisah 2002 Malam” yang langsung menjadi hits dan menjadi lagu wajib pengamen jalanan. Tak lama berselang mereka ditawari Musica Studio untuk menggarap album perdana. Tak dinyana album berjudul “Taman Langit” tersebut terjual hingga 650 ribu keping yang membuat mereka menerima Multi Platinum Award dan SCTV Award sebagai Album dan Band Pendatang Baru ngetop. Begitu pula dengan album-album Peterpan berikutnya yang selalu menuai sukses yang membuat mereka mendapat banyak penghargaan musik dan juga semakin dikenal luas oleh publik.

Kini setelah sempat vakum beberapa tahun akibat skandal yang menimpa vokalisnya, Peterpan siap menggebrak dunia musik tanah air lagi. Dengan semangat dan juga nama baru, NOAH. Seperti diberitakan kompas.com, nama tersebut mereka umumkan saat jumpa pers di kantor Musica Studio di kawasan Pancoran, Jakarta, Kamis (2/8/2012). Sementara untuk logo mereka masih menggunakan ikon bulu yang diletakkan pada huruf A pada nama band mereka, NOAH. Dan sebagai pemanasan sebelum merilis album terbaru, NOAH menelurkan dua single dengan judul “Separuh Aku” dan “Berartinya Dirimu”. NOAH saat ini beranggotakan Ariel (vokal), Lukman (gitar), Reza (drum), Uki (gitar), David (keyboard) dan seorang additional bass bernama Lucky.

Personil NOAH Band (Foto : newpeterpanband.com)

Patut kiranya dinanti sepak terjang Ariel dan kawan-kawan di blantika musik tanah air, apakah karya-karya mereka akan tetap bagus seperti dulu atau sebaliknya. Dan terlepas dari skandal yang dialami Ariel serta pro dan kontra nama NOAH, band ini tetap mendapat perhatian dari saya. Karena saya hanya melihat dari musikalitas yang ditampilkan NOAH.

5 thoughts on “NOAH, Nama Baru Semangat Baru!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s