Sungkem

Lebaran baru saja usai, tapi suasananya masih terbawa hingga kini. Orang-orang yang awalnya mudik kini sudah berbalik mengikuti arus balik. Bahkan ada pekerja/karyawan yang sudah mulai masuk kerja dan melakukan aktifitas sehari-hari. Namun memori ketika kita berkumpul dengan keluarga besar di saat Lebaran mungkin tak akan terlupakan, betapa tidak itulah momen yang sangat dinantikan selama setahun belakang. Meski jauh jarak tersebut tetap ditempuh demi bersua sanak famili, berkumpul dan berbagi tawa bersama sekaligus saling meminta maaf atas kesalahan yang pernah dibuat.

Nah, di momen Lebaran tersebut masyarakat Jawa biasanya melakukan tradisi yang disebut “Sungkem”. Ketika melakukan sungkem yang lebih muda biasanya memulai terlebih dahulu sambil bersimpuh di hadapan yang lebih tua sembari menyalami dan mencium tangannya. Setelah itu lalu mengucapkan kalimat maaf dalam bahasa Jawa halus dan ketika selesai dijawab oleh yang lebih tua. Kalimat yang diucapkan tersebut tidaklah baku, yang jelas isinya berupa permohonan maaf atas kesalahan yang pernah dibuat sebelumnya. Berikut salah satu contoh sederhana kalimat ketika sungkeman :

“Kulo nyuwon pangapunten yen enten salah-salah’e kulo marang panjenengan enggeh seng disengojo nopo mboten…”

Kemudian dijawab oleh yang lebih tua,

“Aku yo ngono lhe, yen ono salahku sakdurunge yo njaluk ngapurane. Mugo-mugo Gusti Allah ngapus dosaku lan dosamu. Yo aku yo ndongakno mugo-mugo awakmu diparengono rejeki seng lancar lan jodoh seng sholehah marang Gusti Allah.”

Selain dilakukan oleh orang yang lebih muda kepada yang lebih tua, sungkeman juga dapat dilakukan oleh istri kepada suami. Sungkem juga bukan hanya diaplikasikan ketika Hari Raya Idul Fitri saja tapi juga dilaksanakan ketika seorang anak hendak melepas masa lajangnya, di mana ia harus sungkem kepada kedua orangtuanya untuk meminta izin melakukan pernikahan. Untuk yang terakhir saya tidak tahu tata caranya karena belum mengalaminya.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s