Wisata Lebaran di Pantai Air Manis

Pantai Air Manis

“Angin laut semilir bertiup, suara ombak ditepi pantai
Goyang kaki-kaki telanjang asik nian ikuti irama musik…”
-Tony Q Rastafara-

Berwisata ke pantai menjadi alternatif wisata yang patut dicoba di saat masih libur lebaran seperti saat ini. Apalagi Padang berbatasan langsung dengan laut yang membuat banyaknya pilihan wisata pantai. Salah satunya yaitu Pantai Air Manis. Pulau yang lekat dengan Legenda Malin Kundang ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit wisatawan lokal maupun dari luar daerah seperti Riau.

Salah satu daya tarik pulau ini yaitu terdapatnya sekumpulan batu yang menurut legenda adalah Batu Malin Kundang dan kapalnya yang dikutuk ibunya karena durhaka. Selain itu tak jauh dari bibir pantai Air manis ini kira-kira 150 meter terdapat sebuah pulau kecil bernama Pulau Pisang. Luasnya hanya sekitar satu hektar tapi pesona yang ditawarkannya begitu memikat bagi siapa saja yang datang ke tempat tersebut. Meski harus melewati laut untuk menuju tempat tersebut, kita cukup berjalan kaki saja karena biasanya air laut akan surut saat pagi hingga sore. Agar lebih menikmati perjalanan, sebaiknya telanjang kaki saja agar tapak kaki menyentuh pasir pantai dan rasakan seolah mereka berbisik di sela-sela jemarimu.

Panorama di Pulau Pisang lumayan menarik, meski tidak terdapat pasir pantai tapi hamparan karang di tepiannya cukup indah. Dengan jernihnya air laut membuat beberapa karang yang berada di bawah permukaan dapat terlihat dengan jelas. Ketika berjalan di atasnya cobalah untuk sesekali bertelanjang kaki, nikmati ‘gelitikan’ karang sambil menatap luas hamparan Samudera Hindia.

Hari semakin sore, matahari semakin dalam menyelem di ufuk barat tertutup oleh sekumpulan awan berwarna gelap yang terus menggelayut sejak siang tadi. Saya dan beberapa teman yang puas menikmati panorama di kawasan Pantai Air Manis segera beranjak. Angin bertiup sepoi menggetarkan segerombolan ombak yang perlahan mendekati pantai, belum sempat menyentuh kaki-kaki kami mereka bergegas menuju ke tengah laut bergabung dengan gerombolan yang lain. Sementara pasir pantai yang kami injak meninggalkan jejak kaki sebelum akhirnya hilang disapa ombak…

Pasir berbisik gemerisik di sela-sela jemariku
Angin bertiup merdu menyapu keheningan riak gelombang
Aku terperosok dalam hening bingar pantai
Aku ingin merengkuh tiap helai angin, menjamah dan merasakan setiap lekukan karang diterjang gelombang…
-Pantai Air Manis-

Menyeberang

Salah satu sudut Pulau Pisang

Reflection of life

Photos by Yendri Deri Saputra.

6 thoughts on “Wisata Lebaran di Pantai Air Manis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s