My Favorite Capture with J105i Naite

J105i Naite merupakan hp keluaran Sony Ericsson yang dirilis pada Oktober 2009 lalu. Mengusung konsep GreenHeart yang ramah lingkungan, hp ini juga dilengkapi fitur yang lumayan lengkap. Namun kali ini saya hanya akan menyorot fitur kamera yang tersemat pada J105i Naite. Kamera utama memiliki resolusi 2 MP dengan dimensi 1600×1200 pixels, vertical & horizontal resolutoin 72 dpi dan bit depth 24. Meski tak mempunyai autofocus dan flash tapi hp ini dilengkapi fitur untuk mengedit foto berupa photo fix dan photo DJ.

Dengan resolusi yang hanya 2 MP kamera pada J105i Naite menghasilkan jepretan yang kurang maksimal pada malam hari, tapi dengan pencahayaan yang cukup hasilnya tidak terlalu mengecewakan terutama di siang hari. Saya sendiri sering menggunakan J105i untuk memotret dan merekam video dan hasilnya cukup memuaskan. Berikut beberapa foto favorit yang berhasil saya abadikan selama menggunakan J105i Naite.

1. Menatap Puncak Harapan

Foto ini saya ambil ketika melakukan pendakian ke Gunung Talang pada tanggal 28 November 2011 lalu di Nagari Salayo Tanang Bukik Sileh, Kabupaten Solok. Waktu itu sore sekitar pukul 18.00 WIB tepat di depan Puskesmas Nagari Salayo Tanang Bukik Sileh di mana kami hendak menenemui kuncen Gunung Talang yang kebetulan berada di sana untuk meminta izin melakukan pendakian

2. Rossy on The Street

Ketika sedang menuju kampus Fakultas Teknik di tengah jalan saya melihat beberapa spanduk yang memampang wajah Rosiana Silalahi, seorang jurnalis senior Indonesia. Spanduk tersebut dipasang di sepanjang jalan utama kampus dan berakhir menjelang Gedung Rektorat Unand. Foto tersebut saya ambil pada tanggal 30 April 2012 sore hari.

3. Jembatan Batu Busuak

Jembatan Batu Busuak menjadi salah satu tempat favorit saya. Selain viewnya yang hijau, di tempat ini saya dan teman-teman juga sering melakukan aktivitas Rappeling. Sebenarnya tempat tersebut bukanlah murni sebuah jembatan melainkan media aliran air yang berasal dari bendungan di daerah hulu bernama Patamuan, yang merupakan pertemuan antara Sungai Padang Janiah dan Sungai Karuah. Di mana aliran tersebut digunakan sebagai sumber energi untuk PLTA di daerah Batu Busuak. Jembatan tersebut membentang sepanjang lebih dari 2 km dengan lebar sekitar 3 meter. Foto tersebut saya ambil pada Februari 2012.

4. Limau Manis di Kala Sore

Sore hari di Limau Manis, hujan sedang turun degan rintik gerimisnya. Saya sedang di lantai dua Sekretariat Paitua-MTU waktu itu, duduk manis di depan laptop sembari menulis. Bangunan yang ada di foto tersebut adalah gedung Jurusan Teknik Industri dan Teknik Lingkungan yang menyatu dan dipisahkan oleh sebuah Musholla di tengahnya. Hujan terus mengguyur hinga malam tiba pada tanggal 23 Februari 2012 di mana foto ini diambil.

5. Joglo

Foto di atas adalah rumah kakek saya di Desa Mangunrekso, Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati-Jawa Tengah. Di sinilah kampung halaman saya, tempat saya dilahirkan. Rumah tersebut bernama Rumah Joglo yang merupakan rumah adat masyarakat Jawa Tengah. Idealnya Rumah Joglo memiliki sebuah beranda yang berguna untuk tempat menerima tamu, tapi agar lebih fungsional rumah kakek hanya memiliki beranda kecil dan latar depan yang cukup luas yang berfungsi sebagai tempat penjemuran padi. Foto tersebut saya ambil pada 25 April 2010 ketika saya berkunjung ke rumah beliau, di mana saya harus curi-curi waktu karena sedang ada tugas dari kampus untuk Audiensi KIBAR 2010 di Jakarta.

6. Lonely at Sekretariat

Waktu itu siang hari di sekretariat Paitua-MTU, sepi. Para penghuninya sedang ada yang kuliah atau ada urusan lain. Foto tersebut saya ambil sekitar awal 2010 dan merupakan favorit saya karena simple. Sering saya gunakan sebagai foto profil fb bergantian dengan foto no. 3 dan juga sebagai gravatar di blog ini.

9 thoughts on “My Favorite Capture with J105i Naite

  1. gan ,ane juga pake naite, baru beberapa hari beli, jd blm bnyk foto yg diambil, btw itu fotonya udah diphoto fix atau masih original, kok bagus dan ukuran fileny bsar? Ijin download gmbrnya

    • Foto-foto tersebut masih original gan. Kalau menggunakan photo fix hasilnya bagus di ponsel tapi begitu dilihat dari komputer, kecerahan yang dihasilkan tidak begitu bagus.
      Silahkan, gan…

Leave a Reply

