Teh Talua Pariaman

Segelas Teh Talua

Segelas Teh Talua

Jumat malam (11/1/2012) saya dan teman-teman pergi ke Pariaman untuk hunting Teh Talua. Sebenarnya di Padang pun banyak warung yang menyediakannya, namun saya penasaran dengan cerita seorang teman yang telah lebih dulu mencobanya. Kami berangkat pukul 22.00 WIB dengan mengendarai sepeda motor. Jalanan yang lengang membuat perjalanan lebih santai hingga tak terasa sekitar 90 menit kemudian sampailah kami di Kota Pariaman.

Tempat yang kami tuju terletak di Kios Lambung, Pasar Kurai Taji. Di kios tersebutlah Teh Talua yang kami cari berada. Di sini terdapat beberapa kedai yang letaknya berdekatan dan berada dalam satu atap. Meskipun begitu hampir semua meja terisi oleh para pengunjung. Kami memilih kedai yang terletak di ujung kios yang kebetulan sedang kosong dan memesan enam gelas Teh Talua.

Teh Talua sendiri merupakan minuman khas dari Sumatera Barat yang mudah dijumpai di warung-warung kecil sampai Rumah makan Padang. Teh Talua terbuat dari teh, gula dan telur ayam kampung. Cara membuatnya pun sederhana, pertama-tama kocok telur yang telah dicampur gula hingga mengembang kemudian siram dengan seduhan air teh panas, terakhir tambahkan jeruk nipis sesuai selera. Teh Talua yang disajikan hangat ini mempunyai khasiat untuk merecovery tenaga yang hilang sehabis bekerja dan menambah stamina.

Malam semakin larut tapi kami masih tak bergeming dari sini. Menikmati segelas Teh Talua dengan obrolan ringan yang hangat, melepas penat akan aktivitas yang kami jalani seminggu belakang. Akhirnya setelah ngobrol ngalor-ngidul tak berapa lama kami bertolak menuju ‘penginapan’ untuk beristirahat karena esok harus kembali ke Padang. Oh ya, jika anda kebetulan sedang di Pariaman tak ada salahnya mampir ke tempat ini sekedar untuk menikmati segelas Teh Talua bersama teman-teman anda.

9 thoughts on “Teh Talua Pariaman

  1. Pingback: Penalti Lampard dan Tiga Angka AS Roma | rantinghijau│

  2. Batanyo seketek uni..
    Ba’a caro nan mambuek teh talua ko uni..
    Agiah la ambo uni..
    Indak basobok do teh talua disiko uni..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s