Jelajah Rimba Bukit Barisan Solok-Padang (day 4)

Catatan sebelumnya, Jelajah Rimba Bukit Barisan Solok-Padang (Day 3)

Selasa/19-02-2013,

Pagi yang dingin, saya menarik sleepingbag hingga menutupi seluruh tubuh. Sementara di luar tenda suara hujan semakin deras saja, menghujamkan butiran-butiran ke air ke bumi seolah tak akan berhenti. Teman-teman di sebelah semuanya masih larut dalam tidur, mungkin demikian juga dengan yang lain di tenda sebelah. Hujan deras berkepanjangan dari tengah malam hingga pagi ini membuat para anggota enggan untuk segera bangun. Akibatnya waktu molor hingga satu jam sebelum akhirnya tim leader meninggalkan camp pada pukul 09.10 WIB dengan tubuh yang agak menggigil karena hujan yang masih juga belum berhenti. Di hari keempat ini saya tetap menjadi leader bersama Ari Rush, Syahrul dan Fadly.

Saya melirik ke tempat camp para siswa dan tampak mereka sedang berlindung dari hujan di bawah bivak alam yang mereka buat sore kemarin. Dengan kondisi hujan yang deras seperti ini tentu sangat tidak nyaman berteduh di bawah tumpukan dedaunan tersebut, beruntung mereka masih bisa bertahan.

Setelah camp 3 berikutnya kami akan menuju ke camp 4 hari ini, perkiraan waktu lewat tengah hari nanti kami akan tiba. Kondisi trek menuju camp 4 memang lebih sulit dibandingkan hari sebelumnya karena harus melewati beberapa sungai sehingga harus naik-turun lembah. Belum lagi hujan yang terus turun sepanjang perjalanan meski sesekali mereda, sehingga benar-benar menguras fisik. Setelahnya kami menyisir sebuah punggungan bernama “Data Batuang” di mana sebelah kanan dan kiri merupakan lembah. Trek tersebut lumayan asyik karena relatif datar, sekalipun ada pendakian tidak terlalu ekstrim. Selain itu jalur tersebut juga digunakan masyarakat sekitar untuk memikat (baca: berburu) burung sehingga jalannya cukup jelas.

jjj

Salah satu trek menuju Camp 4

Suhu yang lembab setelah hujan membuat banyak pacat yang berkeliaran di sepanjang jalan. Dibandingkan dengan jalan yang kami lalui di hari-hari sebelumnya, pacat di tempat ini relatif lebih banyak. Sehingga ketika sedang beristirahat kami jumpai pacat telah menyeruak ke dalam sepatu dan bergerombol di kaki.

Hari beranjak siang, lewat celah-celah awan yang menutupinya sinar matahari hangat terasa. Masih di jalan “Data Batuang” Syahrul melihat sebuah plang bertuliskan “paitua” yang mengarah ke sebelah kiri jalan, kami mengikutinya hingga akhirnya tiba di Camp 4, camp terakhir. Jaraknya sekitar 20 meter dari jalan Data Batuang dan agak sedikit menurun. Seperti biasa, kami langsung membersihkan tempat camp dan mendirikan tenda.

Siang ini cuaca sangat cerah kontras dengan hari kemarin. Syahrul lantas menghidupkan api unggun karena banyak nyamuk dan juga pacat di sekitar camp. Menjelang sore para siswa tiba diikuti tim sweeper tak berapa lama kemudian. Untuk lokasi sumber air di tempat ini jaraknya sekitar 200 meter ke arah bawah, di sana terdapat beberapa mata air yang mengalir menjadi sungai kecil.

Di hari keempat ini suasana lebih santai karena hanya menyisakan sehari perjalanan. Besok jalur yang akan kami tempuh treknya lebih mudah dan lebih singkat. Mudah-mudahan cuaca cerah saat esok kami memulai langkah kecil ini…

Bersambung ke Jelajah Rimba Bukit Barisan Solok-Padang (Day 5, End)

4 thoughts on “Jelajah Rimba Bukit Barisan Solok-Padang (day 4)

  1. Pingback: Jelajah Rimba Bukit Barisan Solok-Padang (day 3) | rantinghijau│

  2. Pingback: Jelajah Rimba Bukit Barisan Solok-Padang (last day) | rantinghijau│

  3. Pingback: Jelajah Rimba Bukit Barisan Solok-Padang (Day 3) | langiteduh |

  4. Pingback: Jelajah Rimba Bukit Barisan Solok-Padang (Last Day, End) | langiteduh |

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s