Akhirnya David Beckham Pensiun

David Beckham

David Beckham, pensiun di saat yang tepat

Satu lagi pesepakbola yang pensiun musim ini, David Beckham. Setelah sebelumnya ada nama besar yang mendahului seperti Sir Alex Ferguson dan Paul Scholes yang notabene adalah partner Beckham semasa masih ‘mengabdi’ di Old Trafford. Bukan hanya dikenal sebagai pesepakbola yang sukses di lapangan, Becks–sapaan akrab David Beckam–juga dikenal publik karena berhasil menjadi selebritas setelah membintangi banyak iklan. Ia bahkan sempat menjadi aktor dalam trilogi film “Goal!”. Selain itu gayanya yang modis terutama dalam style rambutnya, membuatnya menjadi trendsetter dunia.

Di pertandingan terakhirnya musim ini kala PSG menjamu Brest dalam lanjutan League 1, Beckham ditarik luar pada menit ke-82 dan digantikan Ezequiel Lavezzi. Tak pelak ia mendapat standing ovation dari para penonton yang hadir di lapangan. Beckham tampak begitu emosional ketika meningglakna lapangan, hal serupa yang juga dirasakan penggemarnya.

Selama karir profesionalnya di dunia sepakbola Beckham sukses meraih banyak trofi bagi klub yang dibelanya, kecuali bagi Preston North End dan AC Milan. Di MU Beckham mempersembahakan 6 titel gelar Premier League, 2 FU Cup, 4 FA Community Shield, 1 Liga Champions dan 1 Intercontinental Cup. Sedangkan di Real Madrid ia menyumbangkan 1 trofi La Liga dan 1 Piala Supercopa. Becks kemudian melanjutkan karirnya di LA Galaxy dan mengantarkan klubnya tersebut 2 kali menjuarai MLS Cup. Di saat penggemarnya merasa karir Beckham akan berakhir ia malah memutuskan untuk tetap merumput dan menerima pinangan klub kaya raya PSG. Di klub yang bermarkas di Paris tersebut Becks sekali lagi sukses mengantarkan timnya menjuarai League 1 sekaligus mengakhiri karirnya sebagai pemain sepakbola profesional. Sementara di level timnas senior Inggris Beckham sukses mencatatkan 115 caps dengan torehan 17 gol. Dengan torehannya tersebut Becks menjadi pesepakbola asal Inggris pertama yang memenangkan 4 titel Liga di empat negara berbeda dan juga menempati posisi ke-3 dalam hal pemberi assist terbanyak sepanjang massa di pentas Premier League.

Becks juga menjadi bagian penting dalam “Class of ’92” bersama bintang lainnya seperti Paul Scholes, Ryan Giggs, Neville bersaudara dan Nicky Butt di Manchester United. Era tersebut sekaligus menandai kebangkitan Setan Merah di pentas Liga Inggris dengan mendominasi perolehan gelar juara menggeser Liverpool. Puncaknya di tahun 1999 ketika MU berhasil meraih tiga gelar sekaligus dalam satu musim.

Sayang di saat karirnya sedang menanjak di MU Beckam justru ‘berulah’ dengan bersitegang dengan sang pelatih Sir Alex pada tahun 2003. Tak pelak Becks pun harus menerima kenyataan dirinya dijual musim berikutnya dan Real Madrid menjadi klub yang bersedia ‘menampungnya’.

Becks adalah contoh pesepakbola modern yang berhasil memadukan sepakbola, entertainment dan bisnis dengan sempurna, terlebih ia bisa terus konsisten sepanjang karirnya. Tak banyak pemain yang bisa seperti dirinya. Ia juga telah menjadi panutan bagi banyak penggemar sepakbola, ia adalah ikon sepakbola modern.

All photoes taken from facebook.com/Beckham.

5 thoughts on “Akhirnya David Beckham Pensiun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s