Untuk Rena [Ulasan Film]

Gambar: milesfilms.net

Gambar: milesfilms.net

Directed by : Riri Riza
Studio/Year : Miles Films/2005
Genre : Drama, Keluarga
Stars : Maudy Ayunda, Surya Saputra, Karlina Inawati

Seperti judulnya, film ini berkisah tentang seorang gadis kecil bernama Rena. Sejak kecil Rena tinggal dan tumbuh di sebuah panti asuhan bernama Rumah Matahari bersama anak-anak yang lain. Di panti tersebut Rena yang paling tua sehingga ia diberi tanggung jawab untuk menjaga adik-adiknya oleh Bu Tia, pengasuh Rumah Matahari. Dalam kesempatan sebuah pertunjukan di panti tersebut, ketika calon orang tua asuh datang untuk mengadopsi salah satu dari mereka, Rena mengomandoi anak-anak yang lain untuk membuat keributan. Tujuannya jelas, agar calon orang tua asuh berfikir bahwa mereka anak nakal yang susah diatur. Dengan demikian mereka tidak jadi mengadopsi anak-anak panti tersebut. Karena jika ada yang mengadopsi salah satu dari mereka itu merupakan sebuah ‘bencana’ terlebih bagi Rena. Betapa tidak, sedari kecil mereka bersama dan menganggap saudara satu sama lainnya. Mereka akan sangat kehilangan sekali jika ada yang pergi dan mereka tidak menginginkannya.

Hingga suatu hari datang seorang bernama Om Yuda ke panti tersebut, tiap akhir pekan ia menginap di panti dan mencoba berbaur dengan anak-anak Rumah Matahari. Rena mulai menaruh curiga bahwa Om Yuda akan mengambil salah satu dari mereka. Ia pun menyuruh adik-adiknya untuk bersikap kurang ramah kepada Om Yuda meski dalam kenyataannya mereka semakin dekat dengan Om Yuda. Akhirnya Rena tahu apa yang membuat Om Yuda datang ke panti asuhan. Rena lantas dihadapkan pada kenyataan dan pilihan sulit yang membuat dirinya down.

Sungguh sebuah drama keluarga yang menyentuh dan patut jadi tontonan. Riri Reza mampu mengemas tema sederhana menjadi sebuah karya yang layak ditonton. Ya, alurnya mudah diikuti tapi tidak membosankan. Belum lagi lagu-lagunya Mocca–yang datang tepat waktu di setiap momen–yang jadi penghias soundtrack di film ini, yang bersahutan dengan alunan angklung dan nyanyian anak-anak. Pokonya recommended lah!

Film ini sekaligus menandai debut perdana seorang Maudy Ayunda di dunia hiburan. Kelihatan sekali kalau Maudy berbakat, ia sangat menjiwai sekali perannya di film ini. Beberapa adegan yang sepertinya sulit diperankan oleh anak seusianya, ia mampu melakukannya dengan baik. Belum lagi akting anak-anak Rumah Matahari yang ciamik, terutama Hamdani (Raja Khalil Gibran) yang ngegemesin banget.

One thought on “Untuk Rena [Ulasan Film]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s