Buka Bersama Anak Panti Asuhan dan Mapala se-Kota Padang

Tak terasa setahun telah berlalu dan kini kita memasuki Ramadhan di tahun 1434 Hijriyah. Di bulan penuh berkah ini umat Muslim diwajibkan menjalankan ibadah Puasa Ramadhan selama sebulan penuh oleh Allah SWT. Sudah sepantasnya kita memperbanyak amalan kebaikan di bulan suci ini karena pahalanya berlipat ganda. Tapi meski sedang berpuasa hal tersebut tentu tidak menghalangi kita dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Bagi para penggiat alam bebas (baca: mapala) di bulan puasa ini sedikit mengurangi kegiatan outdoor. Namun ada satu kegiatan yang rutin berjalan tiap tahunnya selama bulan puasa yaitu acara buka bersama sesama pencinta alam se-kota Padang. Tujuannya yaitu untuk semakin mempererat tali silaturahmi dan mengisi waktu ‘rehat’ selama bulan puasa. Acara buka bersama ini dilakukan bergantian dan biasanya selalu ramai meski sedang libur karena ada yang masih kuliah (semester pendek) atau mengurus keperluan lainnya di kampus. Sehingga ada kalender tambahan di sekretariat masing-masing organisasi yaitu kalender jadwal buka bersama.😀

Nah kali ini giliran Paitua Mapala Teknik Unand (Paitua-MTU) yang menggelar acara buka bersama dan mengundang seluruh Mapala dan KPA se-kota Padang dan juga civitas akademika Fakultas Teknik Universitas Andalas. Selain itu Paitua-MTU juga mengundang anak-anak panti asuhan yang berasal dari kota Padang yang berjumlah 125 orang. Dalam kesempatan kali ini hadir pula Dekan Fakultas Teknik Prof. Dr.-Ing. Hairul Abrar beserta Wakil Dekan III. Acaranya sendiri dilaksanakan pada hari Minggu, 21 Juli 2013. Bertempat di koridor gedung Teknik Industri-Teknik Lingkungan acara sudah dimulai begitu para anak-anak dari Panti Asuhan tiba pukul 17.30 WIB. Setelah acara sambutan acara kemudian dilanjutkan dengan kultum sembari menunggu waktu berbuka tiba. Sementara tamu terus berdatangan dari rekan-rekan pecinta alam se-Kota Padang.

Usai menyantap hidangan pembuka lalu dilanjutkan dengan Sholat Maghrib secara berjamaah. Baru kemudian beralih ke makanan berat alias makan nasi. Anak-anak dari panti asuhan lantas mengantri untuk mengambil santap malam, sementara rekan-rekan dari mapala tampak masih asyik dengan obrolan mereka sembari menunggu anak-anak selesai. Akhirnya tiba juga giliran rakan-rekan mapala, mereka mengantri dengan menyisakan obrolan yang belum selesai sambil sesekali bergurau.

Suasana kampus yang dingin terasa hangat karena keakraban yang kami ciptakan. Apalagi melihat tingkah anak-anak panti asuhan yang lugu dan apa adanya. Usia mereka bervariasi, dari anak TK sampai yang sudah SMA. Keceriaan tampak jelas di wajah mereka, tawa lepas yang tanpa dibuat-buat. Melihat senyum mereka kami merasa bahagia juga, bisa berbagi dan berbaur dengan mereka di bulan suci ini.

Selain buka bersama panitia juga membagikan paket dalam bentuk uang tunai kepada anak-anak panti asuhan. Tampak wajah mereka berbinar senang menerima paket tersebut, kami tak kalah gembira bisa sedikit berbagi dengan mereka. Meski hanya ala kadarnya tapi cukup bisa meringankan beban anak-anak panti asuhan tersebut. Setelah acara pembagian paket selesai sebagian dari kami mengantarkan mereka ke panti asuhan menggunakan bus kampus. Agenda berlanjut ke sesi ramah-tamah dari masing-masing organisasi.

Kami duduk bersama membentuk sebuah lingkaran dan mulai memperkenalkan diri. Di sela-sela acara keakraban panitia menyuguhkan makanan penutup dan minuman hangat yang membuat suasana semakin renyah saja. Malam semakin larut dan udara semakin dingin tapi toh hal itu tak mempengaruhi acara. Kami masih tak bergeming dan larut dalam keakraban penuh tawa.

Hingga akhirnya acara usai, kami selaku tuan rumah tak lupa menyampaikan rasa terima kasih atas kehadiran rekan-rekan dari Mapala se-Kota Padang. Mudah-mudahan tahun depan acara ini tetap berlanjut agar kita bisa tetap berbagi sekaligus mempererat ukhuwah Islamiyah di antara kita semua. Amin.

Foto bersama anak-anak panti asuhan

Foto bersama anak-anak panti asuhan

Foto bersama usai kegiatan

Foto bersama usai kegiatan bersama rekan-rekan dari Mapala se-Kota Padang. Salam Lestari!

Oh ya, selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan dan jangan lupa dukung saya dengan mengunjungi burufly.com dan klik “vote” di bawah postingan saya. Terima kasih.

2 thoughts on “Buka Bersama Anak Panti Asuhan dan Mapala se-Kota Padang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s