The Beginning

Secara resmi, ini adalah postingan pertama saya dengan kategori engineering. Meminjam judul lagunya One Ok Rock, meski saya belum menelaah liriknya secara keseluruhan. Sebelumnya kebanyakan tulisan saya adalah tentang cerita petualangan yang saya lakukan ketika masih berstatus mahasiswa. Tapi nyatanya saya bukan mahasiswa lagi, saya seorang pekerja, seorang engineer lah. Meski masih berlabel engineer yang newbie.

Tulisan tentang engineering ini merupakan bentuk tanggung jawab moral terhadap apa yang telah saya dapatkan selama ini. Dimana dalam prosesnya pengetauan tentang engineering tidak hanya saya dapatkan di dunia perkuliahan tapi juga hasil googling yang berarti sumbernya dari internet. Sudah banyak artikel engineering yang saya baca di dunia maya tersebut, namun yang paling memotivasi dan berkesan yaitu blognya Pak Don. Blog yang bercerita tentang dunia piping, lebih spesifik tentang Piping Stress Analysis. Seperti Hukum III Newton lah intinya.

Hal ini tak lepas dari arahan seorang senior saya yang tiada henti ‘merecoki’ saya dengan pengetahuan seputar dunia EPC. Jadilah saya akrab dengan blognya Pak Don yang memberi segala yang saya inginkan. Dari sanalah saya bercita-cita suatu saat nanti bisa menjadi seorang Piping Stress Engineer. Namun karena telah salah jalan pada awalnya keinginan tersebut belum bisa terwujud.

Saat ini saya bekerja di sebuah perusahaan subcont yang sedang mengerjakan proyek revamping sebuah pabrik pupuk ternama di Indonesia, sebagai Rotating Equipment Inspector. Di tempat lain ada yang menyebut QC Rotating. Meski sempat diprotes oleh senior saya karena saya belum qualified dengan tidak adanya sertifikat keahlian. Tugas saya adalah memastikan semua rotating equipment di proyek tersebut terpasang sesuai dengan standard dan requirement dari client. Prosesnya mulai dari erection sampai dengan precommissioning.

3 thoughts on “The Beginning

Leave a Reply

