Petualangan Berkesan di Pulau Siberut – Kep. Mentawai

Kamis, 19-09-2013.
Setelah sekian lama dan sempat tertunda akhirnya kesempatan itu datang juga. Ya, hari ini saya berkesempatan mengunjungi Mentawai bersama dua rekan seperjuangan saya, Syahrul dan Ari Rush. Bukan untuk surfing atau berjemur di tepi pantai, tapi ada misi khusus yang kami bawa. Tujuan kami ke sana adalah untuk memberikan materi konservasi dan ilmu kepecintaalaman kepada siswa SMAN 1 Siberut Utara atas permintaan dari pengelola Taman Nasional Siberut (TNS). Selain kami dari Paitua-MTU ada Ibu Nunung dari Fakultas Kehutanan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) yang juga akan berbagi ilmu kepada para guru di sana.

Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini terdiri dari 4 kelompok pulau utama yang berpenghuni yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan yang dihuni oleh mayoritas masyarakat suku Mentawai. Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan kabupaten kepulauan yang terletak memanjang di bagian paling barat pulau Sumatera dan dikelilingi oleh Samudera Hindia. Kepulauan Mentawai merupakan bagian dari serangkaian pulau non-vulkanik dan gugus kepulauan itu merupakan puncak-puncak dari suatu punggung pegunungan bawah laut.

Continue reading

Teh Talua Pariaman

Segelas Teh Talua

Segelas Teh Talua

Jumat malam (11/1/2012) saya dan teman-teman pergi ke Pariaman untuk hunting Teh Talua. Sebenarnya di Padang pun banyak warung yang menyediakannya, namun saya penasaran dengan cerita seorang teman yang telah lebih dulu mencobanya. Kami berangkat pukul 22.00 WIB dengan mengendarai sepeda motor. Jalanan yang lengang membuat perjalanan lebih santai hingga tak terasa sekitar 90 menit kemudian sampailah kami di Kota Pariaman.

Continue reading

Wisata Lebaran di Pantai Air Manis

Pantai Air Manis

“Angin laut semilir bertiup, suara ombak ditepi pantai
Goyang kaki-kaki telanjang asik nian ikuti irama musik…”
-Tony Q Rastafara-

Berwisata ke pantai menjadi alternatif wisata yang patut dicoba di saat masih libur lebaran seperti saat ini. Apalagi Padang berbatasan langsung dengan laut yang membuat banyaknya pilihan wisata pantai. Salah satunya yaitu Pantai Air Manis. Pulau yang lekat dengan Legenda Malin Kundang ini menjadi salah satu tujuan wisata favorit wisatawan lokal maupun dari luar daerah seperti Riau.

Continue reading

Padang-Bukittinggi di Hari Sabtu

Sabtu, 22 Juli 2012 di pagi hari yang cerah saya dan teman-teman berencana pai malala (bepergian) ke Bukittinggi. Mumpung sedang weekend, tepat di hari pertama puasa. Selain untuk sekedar malala juga karena teman saya Ricky mendapat pesanan dari salah seorang alumni berupa Pisau Kerambit. Sebenarnya pisau jenis ini bisa ditemui di gerai-gerai souvenir, tapi ia menginginkan Pisau Kerambit yang dipesan dan dibuat dengan ketelitian tinggi.

Continue reading

Me and Today

Hari ini, ya gue bakal cerita tentang kegiatan gue hari ini. Persis seperti judul yang udah gue bikin. Tapi sebelumnya gue mau sharing dikit nih–terkait judul di atas–di mana gue sering denger dari orang-orang kalau nulis itu gampang-gampang susah, tapi yang sering gue temui lebih banyak susahnya. Gue pernah googling tentang gimana cara memulai menulis dan yang gue dapet dari sana katanya nulis itu gampang kok. Mulai aja nulis dari lo bangun sampai lo tidur pada hari itu. Udah, gitu aja. Lo ‘gak perlu beli buku sama pena kayak dulu pas lagi ngetrendnya buku diary, cukup duduk manis di depan komputer/laptop sambil dengerin playlist lagu yang lo suka ditambah secangkir kopi dan sebungkus rokok atau cemilan dan mulai aja lo tekan tombol-tombol huruf di keyboardnya. Ato malah tambah ribet ya? He…he…

Continue reading